1

SELAMAT BERKUNJUNG
FREDYRIAN NDAPA OLE

Rabu, 18 Agustus 2010

PERBEDAAAN BIT DENGAN BYTE


BIT
Merupakan singkatan dari binary digit (angka biner)-merupakan satuan data terkecil. Nilainya Cuma 1 (satu) atau 0 (nol). Walau kelihatannya sederhana, tapi dua angka inilah yang mengalir terus didalam PC, berputar dari prosesor, motherboard, chip memori sampai keperangkat – perangkat penyimpanan data dan output lainnya atau sebaliknya.
Lho, angka kok mengalir? Iya, dalam prakteknya, bit mengalir sebagai sinyal – sinyal listrik. Ibarat saklar, angka Nol berarti Off, sedangkan angka Satu artinya On. Begitulah rangkaian data yang jumlahnya miliaran bahkan triliunan bit itu mengalir bagai orang menekan tombol on/off secara berulang – ulang dan cepat.
Akan tetapi, bit punya wujud fisik juga. Pada sebuah CD. Contohnya, bit tampak sebagai titik – titik yang amat kecil pada permukaan disk. Sinar laser CD-ROM drive kemudian membaca dan mengubahnya manjadi sinyal listrik yangdipahami oleh komputer.
Bit biasanya tidak pernah berdiri sendiri. Maknanya baru muncul begitu terdiri dari sejumlah bit yang telah tersusun. Dalam perhitungan biner ada sejumlah system yang dipakai yaitu system 8 bit, 16 bit, 32 bit, 64 bit dan seterusnya. Dengan sistim itulah computer membaca dan menerjemahkannya kembali dan mengelola data angka, huruf, gambar, dan sebagainya
Beruntunglah, kita tidak perlu mengetahui semua perhitungan itu untuk menggunakan computer. Tinggal klak – klik atau ketak – ketik sajalah. Walau begitu pemahaman mengenai bit akan sangat berguna untuk memahami berbagai aspek lain dalam komputer.
BYTE
Merupakan system yang terbentuk dari delapan bit. Sebuah byte merupakan kumpulan bit terkecil yang dapat dimengerti komputer. Sebuah byte mewakili angka desimal dari 0 sampai 255.
Byte juga digunakan untuk mewakili huruf – huruf, angka – angka dan symbol – symbol lain dalam system yang lain. Sebagai contoh, bila anda mengetik huruf A pada kibor, komputer merekamnya atau membacanya sebagai kode ASCII 65 dan menerjemahkannya dalam perhitungan angka biner sebagai 01000001- yang merupakan satu byte data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar