1

SELAMAT BERKUNJUNG
FREDYRIAN NDAPA OLE

Senin, 06 September 2010

CARA DEFRAG MELALUI COMMAND PROMPT


Defrag melalui Command Prompt. Defragmentasi hardisk adalah hal yang sering kita lakukan pada komputer paling tidak sebulan sekali. Hal ini bertujuan untuk memilihara dan mempercepat kinerja hadisk komputer. Bagi Anda yang jarang melakukan proses defrag hardisk, saya sarankan untuk melakukannya sebulan sekali. Kenapa? Seperti yang saya katakan tadi, proses defrag akan memelihara dan mempercepat kineja hardisk komputer. Jika Anda ingin tahu mengenai apa itu defragmentasi hardisk dan apa fungsi defrag, silahkan cari aja di Google. Karena pada Tips Trik Komputer dan Windows kali ini saya akan membahas bagai mana cara melakukan proses defragmentasi hardisk dari Command Prompt.
Biasanya untuk melakukan proses defrag hardisk Anda melakukannya dengan mengklik Start Menu >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter. Selain itu Anda bisa saja melakukannya melaui drive properties atau dengan software pihak ketiga. Tapi pernahkan Anda mencoba melakukan defragmentasi hardisk melalui command prompt? Sebagian besar dari Anda mungkin akan menjawab “Tidak” dan mungkin Anda balik bertanya? Apa saja kelebihan dari proses defrag hardisk melalui command prompt? Keuntungannya adalah kita bisa melakukan proses defrag (defragmentasi) 2 atau lebih hardisk hanya dengan sekali klik. Klo pake Disk defragmenter Windows, kita harus menunggu defrag pada salah satu drive baru bisa melakukan defrag pada drive yang lain. Iya kan?
Bagaimana melakukan defrag melalui command prompt tersebut? Gampang saja. Anda tinggal buka Command Prompt lalu coba ketik perintah “defrag (volume)” (tanpa tanda petik). Misalnya Anda ingin mendefrag drive “C:”, yang Anda ketik adalah “defrag c:”. Anda juga bisa menambahkan parameter [-f] untuk melakukan defrag walaupun free space di kurang dari 15%. Jadi perintah lengkapnya adalah “defrag c: -f” agar windows melakukan proses defrag pada drive C: tanpa memberikan peringatan jika free space drive tersebut kurang dari 15%.
Tapi klo defrag hardisk melalui command prompt bukannya malah repot? Kita mesti buka CMD dulu, terus ketik perintah defrag. Belum lagi lupa ama perintahnya, malah tambah repot bukan? Terus bagaimana cara melakukan defrag 2 atau lebih hardisk dalam sekali klik? Mungkin pertanyaan itu yang muncul dalam pikiran Anda. Agar kita tidak melakukan kesalahan karena lupa perintahnya dan lebih mempersingkat waktu untuk melakukan defrag, Anda cukup membuat file Windows Batch File atau file dengan ekstensi .bat yang akan dijalankan oleh CMD jika eksekusi. Dengan file .bat ini juga kita bisa melakukan defrag beberapa drive dengan sekali klik. Cara membuat Windows Batch File atau file .bat sebgai berikut:
1.      Buka Notepad dan ketik code berikut:
defrag c: -f
defrag d: -f
defrag e: -f
dengan asumsi Anda akan mendefrag drive C:, D:, dan E:. Namun bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan jumlah dan label drive yang ada di komputer Anda.
2.      Setalah itu simpan file. Tapi ingat pada Dialog Save pilih “All Files” dipilihan “Save as type” dan berikan nama dengan eksentsi .bat. Misalkan “DefragAll.bat”.
3.      Terkahir klik tomblo Save untuk melakukan proses penyimpanan.
Kini coba double klik atau eksekusi file .bat yang Anda buat tadi maka akan muncul jendela Command Prompt dan proses defrag akan dimulai. Anda tinggal menunggu proses defrag selesai. Jadi Anda bisa melakukan defragmentasi beberapa hardisk dengan sekali klik tanpa perlu menunggunya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar