1

SELAMAT BERKUNJUNG
FREDYRIAN NDAPA OLE

Senin, 13 September 2010

CARA MENGGANTI PASSWORD USER ACCOUNT WINDOWS XP


Untuk memproteksi PC, biasanya kita memasang password user account sehingga tidak semua orang dapat menggunakan PC kita tanpa seizin dari kita. Namun, terkadang dapat menjadikan senjata makan tuan. Karena kemungkinan kesibukan kerja sehingga lama tidak menghidupkan PC, kita lupa password tersebut. Berikut tips mengganti password user account WindowsXP.
Sebenarnya tips mengganti password ini, sempat membuat Tanda Tanya Besar. Suatu ketika, karena PC saya mengalami mengalami gejala yang menurut saya sedang “sakit”, kemudian saya membawanya ke tempat Service Komputer. Setelah menjelaskan tentang gejala-gejala PC tersebut, kemudian saya langsung pulang ke rumah. Sesampai di rumah, saya baru ingat kalau PC saya tersebut saya pasang password dan saya lupa memberi tahu password tersebut. Padahal untuk mendiagnosa “penyakitnya”, si bengkel pasti harus menghidupkan komputer tersebut.
Setelah sampai dengan waktu yang dijanjikan tiba, saya langsung pergi ke tempat service tersebut. Kemudian saya langsung menanyakan kondisi PC saya tersebut apakah sudah “sehat”. Petugasnya langsung mengiyakan sambil mempersilakan saya untuk mencoba PC dengan menghidupkannya. Di sinilah Tanda Tanya Besar saya terjadi, karena untuk menghidupkannya tidak diperlukan password lagi, padahal sebelum saya bawa ke tempat service, saya memasang password tersebut.
Perhatian, bagi yang sudah mengetahui, mohon untuk segera menutup halaman ini. Namun bagi yang belum mengetahui silakan lanjutkan membaca Sharing Pengalaman Tentang Komputer di bawah ini.
Caranya adalah sebagai berikut.
1.      Logon ke desktop melalui safe mode, caranya :
  1. Hidupkan PC/laptop
  2. Sebelum windows loading, tekan F8 berkali-kali hingga muncul beberapa opsi logon (Windows Advanced Option Menu)
  3. Pilih Safe Mode dengan cara menyorotnya dilanjutkan dengan  menekan ENTER
  4. Masuk dengan account Administrator hingga masuk desktop safe mode
2.      Kemudian Klik Start >> Control Panel >> User Accounts hingga tampil jendela User Accounts seperti di bawah ini.
3.      Kemudian pilih account yang akan diganti passwordnya (karena lupa) hingga tampil jendela.
4.      Kemudian Klik Change the Password, untuk mengganti password account tersebut, seperti di bawah ini. Ketikkan password yang baru pada baris yang disediakan kemudian dilanjutkan dengan klik Change Password.
Atau jika tidak ingin menggantinya, kita dapat memilik Remove the Password untuk menghapus password yang ada kemudian dilanjutkan dengan menekan Remove Password.
5.      Kemudian restart komputer
6.       Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar