1

SELAMAT BERKUNJUNG
FREDYRIAN NDAPA OLE

Senin, 13 September 2010

TIPS DAN TRIK WINDOWS XP


1.      Kinerja komputer lebih cepat dengan menghapus 'Prefetch'
Untuk meningkatkan kinerja komputer, selain melakukan pembersihan total dari "DiskCleanup" di menu "Start ==> All Programs ==> Accesories ==> System Tools", hal yang perlu dilakukan adalah menghapus file Prefetch yaitu link-link dari berbagai file Exe dari program-program yang dibuka atau yang sudah terinstall di dalam komputer Anda. Untuk menghapus file Prefetch, masuk ke direktori "C:\Windows\Prefetch" dari Windows Explorer atau lewat run bisa. Tandai semua dengan memilh "Select All" dari menu "Edit"atau memakai CTRL + A kemudian hapus semua file didalam folder Prefetch tersebut. Disarankan untuk melakukan penghapusan file Prefetch minimal sebulan sekali.
2.      Mempercepat proses Shutdown
Mungkin Anda sering menjumpai beberapa program yang Anda buka mengalami keadaan "not responding". Hal ini tentunya dapat  mempengaruhi keadaan program-program lainnya. Begitu Anda ingin menutup sistim operasi Windows,   sistem akan menunggu program-program tersebut ditutup. Anda diharuskan menunggu program-program tersebut ditutup.Ada satu langkah yang dapat  menangani masalah tersebut. Buka program registry editor kemudian  masuk ke entry "HKEY_USER ==> .DEFAULT ==> Control Panel   ==> Dekstop". Di bagian kanan       lihat    entry "AutoEndTasks". Namun, jika belum ada, Anda dapat membuatnya dengan klik kanan   pada mouse, dan pilih "New ==> DWORD Value".    Beri nama seperti diatas. Kemudian klik ganda entry baru      tersebut, dan beri nilai "1" pada bagian "Value data".  Klik OK untuk konfirmasi. Terakhir, tutup   semua aplikasi dan restart komputer Anda.
3.      Membuat info tips dengan pesan sendiri
Jika kita mengarahkan pointer pada icon My Computer, Recycle Bin  atau icon lainnya di desktop, maka akan muncul Info Tip yang menampilkan  informasi tentang icon tersebut. Jika kita merasa bosan pada tampilan  Info Tip tersebut maka kita bisa mengubahnya atau membuat  pesan-pesan sendiri.
Caranya adalah :
a.       Masuk ke Registry editor dengan  ==> Run dan ketik regedit.
b.      Lalu cari key: HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{20D04FE0-3AEA- 1069-A2D8-08002B30309D}. (Untuk Icon My Computer)
c.       Cari string value InfoTip lalu klik dua kali pada string value tersebut.    Kita bisa isikan dengan kata  kata sendiri.
4.      Dikarenakan banyaknya key pada CLSID tentu akan menyulitkan kita untuk   mencari Info tip dari icon yang lain. Ada cara yang lebih cepat dan efektif   untuk pencarian pada key Info Tip itu, yaitu dengan menggunakan fasilitas  searching dengan Edit ==> Find atau menekan F3 pada  Registry editor    sehingga muncul jendela Find. Lalu pada entry box Find what kita isikan dengan nilai Info Tip. Untuk mencari key Info Tip yang lainnya, kita tinggal menekan F3 lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar